Kaji Edan

Refleksi Onny Hendro

Tuesday, June 06, 2006

Tidak Ada 'Bekas Guru' !

Betapa Besar Dosa ‘Kaji edan’ kepada gurunya..
Based on true story..

Beberapa waktu lalu.. aku ada meeting pekerjaan dengan beberapa teman-teman di Plasa Senayan.. diantaranya cah-cah Teladan.. Moko Pruthul’83, Didik Karisa’85, Farchan’86 (sumpah..ini bukan rapat reuni...!), terus ada Pak Ancok (Blantik lain) dan Kombes Pol. Ris Tarto..

Sekitar jam 20.00 meeting berakhir.. Pak Didik, Pak Farchan dan Pak Ristarto meninggalkan meja pertemuan.. tapi karena mas Moko melemparkan permasalahan pembagian SHU urusan tersebut, akhirnya Aku, Ancok dan Moko tertahan membahasnya di meja..

Ditengah-tengah ributnya pembagian SHU.. tiba-tiba masuk sebuah telpon ke HPku.. +62274…. Lho ini siapa orang Yogya telpon tapi nggak ada di memory Hpku..(tadinya tak pikir Handoko, wong dia masih di Yogya..)

“Assalamualaikuuum..”, kalimat pembukaanku..
“Wa alaikumsalaaaam..nak Onny… saya bu Ning.. masih inget..??”

Masyaaaa Allah…
Hanya satu nama ‘Bu Ning’ yang hingga saat ini tertanam di benak saya..iki mesthi ‘Bu Ning’ alias ‘Bu Cening PKK’.. itupun tertanam di otakku karena dulu pas kelas 2 di SMP 5 Yogya, aku pernah nakal trus dikeluarin dari kelas.. masih berbuntut dimarahi lagi oleh Bu widodo wali kelasku plus dijewer bu Hartilah guru olah raga.. dan masih juga dimarahi kepala sekolah serta diancam akan diskors..

Kasusnya begini..
suatu hari pelajaran PKK, ditugasi nulis 10 macam bunga dan Negara asalnya.. trus Onny kecil menulis seperti ini..
1. Bunga tulip.. dari Belanda.

Terus bingung aku… lha nggak ngerti lagi nama-nama bunga lainnya jee.. masa anak cowok koq disuruh ngurusin kembang (dalam hatiku waktu itu..)

trus akhirnya aku nulis ngawuur..
2. Bunga Mawar Prancis.. dari perancis
3. Bunga Melati Belgia dari Belgia

Tapi habis itu bingung lagi aku.. terus bunga apa lagi doooong..??
Akhire aku lebih ngawur lagi..dan aku tuliskan:
4. Bunga Tinah..dari Bantul.. (padahal Bu Ngatinah itu nama guru agamaku)

Setelah tugas dikumpulin.. Bu Ning terdiam membaca tulisanku itu (tapi kelihatan bahwa beliau menahan amarah yang amat sangat..), lalu aku disuruh keluar.. dan diapun ke luar ke kantor guru..dan hasil akhirnya pun seperti yang saya ceriterakan di atas..

Setelah kejadian itu.. setiap ulangan, bener ataupun tidak, nilai PKK tetep bertahan di angka 6 terus..bahkan di raportpun juga 6..

Kembali ke Plasa Senayan..

“Ooo.. Bu Ning PKK.. aduh ibu tidak mungkin saya lupaaa.. apa kabar ibu..?”

Dan dengan sedikit Kepongahan, Kesombongan dan sok-sokan..
aku berpikir “Iki pasti mau minta toloong..!!”

Setelah beliau bercerita ngalor-ngidul dan sayapun berbasa-basi ngalor-ngidul juga, saya memberanikan diri bertanya,”Nyadhong dhawuh ibu..” (ind= siap terima perintah ibu..)

“Oooo.. ora..ora.. koq Nak Onny.. saya hanya ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun Pernikahan.. saiki cucuku udah berapa..???”

Allaaaahu Akbar… nangis aku…
Betapa Kaji edan tetep manusia biasa..
masih pongah..
masih sombong..
masih tidak tau diri..
masih sok-sokan..

Ternyata ‘Kaji edan’ masih bukan siapa-siapa dibandingkan kebesaran hati dan kebesaran jiwa guru-guru kita..

Ternyata ‘Mereka’ masih tetap mengingat dan menganggap kita sebagai anaknya..
walau sudah pernah ‘Kaji edan’ sakiti hatinya..
walau selama ini malah sudah aku jadikan cerita lucu peristiwa itu dengan tetap mencemooh ‘Mereka’..

Ya Allah… maafkan hambamu ini..
Bu Ning.. maafkan anakmu ini..

Saat nulis iki pun ‘Kaji Edan’ tetep masih nangis ‘mbrebes mili’..
Dan akan lebih meyakini lagi..
Tidak akan pernah ada ‘Kaji Edan’ tanpa ‘mereka’..
Tidak akan pernah ada kata ’bekas guru’ di hati ‘Kaji Edan’
insya Allah ‘Mereka’ akan lebih diutamakan..

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

kaji edan selamat malem , pie kabare ? cerutunya enak donk? aku lagi baca2 tulisan Mas Kaji Edan sambil senyum2 dihati. ini bener kaji edan, orang yang suka ngelucu kog bisa nagis brebesan juga yee hi hi hi. selamat ya mas anda bener2 pinter menghibur.semoga terus menghibur terutama mereka yang sedang susah dinjogja yang sedang tertimpah musibah. Was'salam ( dari temenmu yang suka kasih ubi sama orang kaya ) hehehehe.

June 25, 2006 12:41 AM  
Anonymous Anonymous said...

Bung anonymous, saya sendiri juga nggak percaya kok ada orang yang bahagia menjadikan dirinya Kaca Benggala. Salut..!

July 06, 2006 12:50 AM  
Blogger Unknown said...

Assalamu'alaikum
salam kenal pak, saya gunawan, guru agamanya Dhe-dhe di sekolah, dia kasih alamat blog bapak sehabis belajar tadi, katanya banyak cerita menarik dan menggugah.

Alhamdulillah sudah saya baca, ternyata benar kata dhe-dhe. banyak renungan-renungan penuh nilai. Insya Allah membawa manfaat bagi yang membacanya

Mohon maaf kalau kurang berkenan, Assalamu'alaikum

April 15, 2009 3:11 PM  
Anonymous haryadi suyuti untuk yogyakarta said...

ternyata saya masih kurang edan

June 08, 2011 7:07 PM  

Post a Comment

<< HOME/HALAMAN MUKA