Kaji Edan

Refleksi Onny Hendro

Saturday, June 17, 2006

Pertanyaan wisudawan baru tentang 'wiraswasta' (3)

Resiko semacam apa yang mungkin dihadapi ketika memilih untuk berwiraswasta?
Resiko..
Saya rasa semua pilihan jalan hidup kita pasti mengandung resiko.. Dengan bekal ‘Pola Pikir’ sarjana tadi, seharusnya kita sudah dapat memandang, mengamati dan mengeliminir si-‘Resiko’.

Menurut saya..
Resiko terkecil dari wiraswasta adalah ‘Bisnis Seret’..
Sejauh pengamatan saya, kemungkinan terbesar hal ini timbul karena kemalasan si pelaku bisnis untuk melihat dan membuka peluang.

Resiko terbesar adalah gulung tikar..
Siapapun pelaku Wiraswasta pasti akan tersentak setiap terbayang yang namanya ‘Gulung Tikar’… bahkan saya sendiripun tidak pernah berani membayangkannya. Oleh karenanya kita harus setiap saat mencegah dan menghalau si-’Gulung Tikar’ ini agar tidak mendekat pada bisnis kita.

Selain karena ‘Kehendak Allah’ (force majeur).. Penyebab gulung tikar terbesar adalah gagalnya kita memanage Hawa Nafsu, terutamanya Nafsu Harta (untuk cepat dapat untung besar), walaupun nafsu Wanita dan Nafsu Tahta (orang jawa bilang: Ora kuwat kanggonan bondho) juga besar kontribusinya.

(masih BERSAMBUNG)

diolah dari tanya jawab dengan majalah Alumni Universitas Gadjah Mada

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Betul mbak atik..

Seperti yang saya sampaikan.. semua pilihan itu selalu mengandung resiko..

Karena menjadi karyawan juga merupakan suatu pilihan..maka otomatis akan mempunyai resiko pula..

Sayangnya saya belum sempat nulis ‘menjadi Karyawan yang Handal’.. kapan-kapan tak tulisin deh mbak atik..

Salam,
Kaji Edan

August 31, 2006 2:08 PM  

Post a Comment

<< HOME/HALAMAN MUKA