Kaji Edan

Refleksi Onny Hendro

Thursday, October 26, 2006

Saya jadi ahli menghindar..terutama kalau ditagih hutang (Bag 2- habis)

Setelah puas ‘nganjing-anjingin’, ‘membabi-baiin’ dan ‘memaki-maki’ saya karena telah membuat ‘kantor sepi karyawan’.. akhirnya KH Tanya ke saya: “Trus bagusnya kelanjutannya gimana ini..??”

Pada saat itu aku jawab,”Maaf pak.. ternyata anda ‘memelihara’ maling pak.. dan lebih parahnya lagi, Rumah, Villa, Toko ‘Santi mebel’, tanah 1800m2 di prambanan dan tanah 3000 m2 di tapos yang jadi jaminan di BNI sudah terancam untuk di sita pak..”

(Pada poin tersebut di atas.. nantinya, akhirnya dapat saya selesaikan dgn teori ‘pendekatan orang bank’... Oh ya.. aku juga lupa crita.. KH sempet pinjam sertifikat tanah dan Toko ibu saya yg kebetulan juga tempat tinggal kami di Jogja)

“Trus ini musti gimana On..?!!”, Tanya KH sambil duduk bersandar di kursi..

3 jam lebih aku dan KH duduk termenung tanpa ngomong apapun.. benar-benar hanya ngrokok sambil mungkin udah ribuan kali ‘menghela nafas’. (pada saat itu KH yang tidak ngrokokpun, akhirnya sempat menjadi ‘perokok’ selama 3 tahunan sejak itu)

Setelah puas ‘termenung’ di-‘kantor tanpa Karyawan’.. sekitar jam 21.30 aku ngajuin usul sbb: “Begini pak.. kita tidak bisa dan memang tidak boleh lari dari kenyataan ini, terlalu banyak yang kita pertaruhkan.. saya punya usul, kita bagi tugas:

  1. Situ jangan mati dulu.. (Demi Allah ini benar2 saya ucapkan waktu itu)
  2. Biar ngga ‘mati menderita’,KH ‘DILARANG’ mikir utang, semua urusan saya..!!
  3. ‘Koes Hendratmo’ harus tetap tampil gagah, tegar seolah olah tidak ada apa-apa!! Sebab dengan tetap gagah, KH tetep laku sebagai ‘Mc & Penyanyi’.
  4. dan Situ udah jelas-jelas terbukti tidak bisa ngurus duit, maka sekarang KH hanya bertugas cari Duit dan saya bertugas mengelolanya tanpa boleh ada campur tangan dari siapapun, baik istri, keluarga bahkan KH sendiripun..

Usulan-usulan tersebut aku sampaikan, dengan maksud sebagai bentuk pertanggung jawabanku sebagai yang diserahi mbetulin kantor dan sekaligus juga untuk 'menenteramkan perasaan' juragan..

Sebenarnya pada saat itu bahkan aku sendiri nggak sempet mikir apakah sebenar-benarnya aku mampu apa tidak..?!!

Tapi Mungkin karena tidak ada jalan lain, KH setuju..

Maka, Sejak itulah dimulainya ‘Perang Tanpa Baju’.. Saya berlaku sebagai ‘Panglima Perang’, merangkap ‘Bagian logistik’, merangkap ‘Komandan Tempur’ (anggotanya yaa hanya aku ‘sebatangkara’.. yang kadang harus merangkap pula sebagai ‘Sopir Pribadi KH’)

Semenjak itu pula.. Mulailah berlaku istilah yang sekarang menjadi ‘terkenal’ di kalangan kolega-kolega kami: “Onny ‘Blantik’-nya.. dan Koes Hendratmo adalah ‘Sapi’-nya..”

Maka jangan kaget kalo situ pas bareng saya trus ada orang nyletuk,” Tik..Blantik.. Sapinya mana..??” (maksudnya: On..Onny.. mas Koes mana) atau, “ Mas Koes..Blantiknya mana??”

Saat-saat itu aku benar-benar ‘perang sebatangkara’.. Tapi Ada satu teman kita yang selalu menjabat sebagai saksi mata, teman ‘tempat mengadu’, konsultan tanpa honor (kalo’ poin yang ini sih masih berlaku sampai sekarang).. Dengan segala hormat dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kami mohon berdiri Bp. Muhammad Farchan, SE..

(Demi Allah, Chan! Aku nangis pas nulis iki, Allahu Akbaaar..!!)

singkat cerita..

Mulailah pelajaran ‘menghindar’.. Segala informasi ‘Teori Ekonomi’ dari ‘konsultan tanpa Honor’ segera saya terapkan di lapangan.. saya pelajari sambil jalan.. dikoreksi dan di ‘pas-pas’-kan dengan kondisi lapangan..

dari situ saya baru menyadari.. ternyata banyak ‘Teori Ekonomi’ dari Fakultas Ekonomi UGM yang sudah harus segera di revisi lagi untuk dapat digunakan dalam ‘perang’.. Bahkan saya sempat ngomong ke Sarjana Ekonomi-nya FE-UGM ,” Dab.. ilmu-mu cuman hanya bisa dijalankan 25%..”

Kira-kira hal-hal itulah yang aku alami selama 11 tahun hingga tahun 2000.. termasuk juga ‘menjual’ KH dalam bentuk Paket apapun..

Paket KH: Makelar tanah & rumah pernah..
Paket KH: Makelar ‘Merah Delima’ pernah.. (gagal..)
Paket KH: Makelar ‘Kapal rusak di tanjung perak’ pernah.. (gagal..)
Paket KH: Makelar angkutan Truk Pasir dari Pelabuhan ratu pernah..
Paket KH: Makelar alat semprot hama dept. Pertanian pernah..
Paket KH: Makelar Photocopy bekas & mesin bekas ex Singapore pernah..
Paket KH: Makelar Pasir kwarsa, batu bara, kapal tongkang…pernah juga..
yang paling lucu, konyo, tolol dan fals.. itu saat menjual KH dalam paket ‘Les Privat Nyanyi’.. Pada saat-saat itu lagi trend-trennya pejabat, ibu2 pejabat, pengusaha, nyonya pengusaha tampil nyanyi karoke..

Akhirnya aku tawarinlah mereka, “dilatih Mas Koes Aja pak..” dan rata-rata mereka mau tur seneng..

Lha karena penampilan kami yang selalu ‘gagah’, tegar, udah gitu tampak seperti punya dhuit.. akhirnya mereka malah selalu sungkan ngasih duit.. sebagai gantinya mereka ngasih barang-barang yang maksudnya sbg cindera mata..

Nah inilah pangkal kekonyolannya.. jadi setiap kali KH habis ngajar nyanyi terus diberi barang, di mobil slalu langsung aku rebut “sini..besuk aku jual di Blok M” (Melawai Plasa itu kan banyak toko emas-emasan & Arloji tho..) Ada yang ngasih Cincin ‘gemerlapan’, gelang cowok, kalung, Korek Dupont, Ballpoin, Ikat pinggang ‘Piere cardin’.. wis pokoke macem-macem..yang kesemuanya saya jual..

tapi yang paling lucu asal terima ‘Jam tangan’.. sebab jam tangan itu ternyata harga jualnya murah.. jadi asal ada yang kasih jam tangan.. KH pasti nginjak kakiku sambil bergumam, ”mmmm..”

Coba bayangin..”Siapa mengira Koes Hendratmo ngajar nyanyi untuk cari dhuit??”

bagi temen-temen yang pingin ngliat bukti otentiknya, kemarilah.. nanti aku unjukin, masih ada beberapa barang yang aku simpen di safety Box BNI Fatmawati.. selain karena ngga laku.. tapi juga mau aku simpen untuk ‘kenang-kenangan hidup’

Jadi kira-kira begitulah kisahnya..

Tapi jangan dianggep sepele lho.. tanpa saya rencana dan saya sadari sebelumnya.. Ternyata dari yang namanya 'Les Privat Nyanyi' yang lucune pool tadi.. bisa membuat 'jaringan' yang lumayan 'mencengangkan'..

Dari indofood.. hampir semua acara indofood Mc-nya KH & EO-nya Onny.. demikian juga pabrik obat 'Hoecst', Mustika ratu, Jalur Polisi, Angkatan Darat, Bank Bali, dll..

Edan tho..

Memang itulah Bedanya.. kalo belajar mata kuliah ‘menghindar’ di bangku kuliah, kita hanya dapet 1 nilai.. itu aja paling-paling dapet nilai C... Tapi ternyata belajar langsung di medan tempur.. satu mata kuliah.. dapet nilainya buanyaaak sekali..

Subhanallah…

Semoga kelak di kemudian hari.. Allah tidak lagi membuat skenario hidupku kembali ke masa itu.. sbab, mungkin..dan Sepertinya.. saya tidak akan pernah kuat lagi menjalaninya...

Allahu Akbaaaaar...!!!

(aku nangis maneh, Chan..!)

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

inspiring banget mas Ony! tks.

November 07, 2006 5:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

no comment
Jazakallah banget...

May 25, 2008 12:53 AM  
Blogger Unknown said...

Pelajaran real, yang kadang menyadarkan kita bahwa, apa yang kita pikirkan (baca: teori)belum tentu applicable..

Inspring dab, salam kenal Bukhari - Alumni Ekonomi UGM, akt. 88

November 12, 2008 2:50 PM  

Post a Comment

<< HOME/HALAMAN MUKA