Kaji Edan

Refleksi Onny Hendro

Tuesday, November 14, 2006

Jilbab? (3): Surat dari Mbak Atik

Teman-teman, ini ada surat masuk dari Mbak Atik (ingat posting Jilbab?):

"
Matur sembah thank you atas semua saran saran dan atas perhatian, kepeduliannya dan mau mengorbankan waktunya untuk menulis dan menjawab kebimbanganku saat ini.Aku benar 2x sangat menghargai.



Entahlah tiba 2x aku sudah mulai agak risih pake baju yg keliatan betis. Ini satu awalan yg bagus bagiku. Beberapa hari lalu aku bawa kerudung ketempat kerjaku and misuaku nanya ,"what are you doing ,ma?" aku jawab " well Im just trying a little bit" sambil berlalu. Dia ngga setuju kalo aku memakai jilbab,dia suka aku pake tight jeans and T-shirt or elegant sexy dress.

Tapi terus terang aja kalau nanti benar 2x aku dah ready for totally cover my body and hair...and Im sure my husband will be sooooo upset with me.I will tell him "Its time honey, no one but God can stop me".In this case nasehatnya ojob ora katene tak rungokno babar blass!!! sadis mac..he...3x. Tapi sadis for good, isn't it?. I'll be 100% fine,for sure cause he knows me very well and he knows that he can't stop me.so..we'll see.

Alkhamdulillah yg tak terkira aku selalu di kelilingi a good people, yg selalu motivated aku to be a better and a better person. Mungkin karena itulah do'a yg selalu kupanjatkan sejak aku masih remaja.Bukan berarti masa remajaku baik 2x amat ya. Aku suka ke disco juga and pulang dini hari walaupun sholat ngga pernah lupa.Tapi ada untungnya juga pernah melihat pemandangan yg haram 2x dikit.karena disaat kita sadar ,Iman kita tak akan pernah goyah dan juga kita jadi fleksibel dalam artian tidak men judge orang karena penampilannya .walaupun penampilan seseorang keliatan liar kita tidak langsung membenci atau menjauhi orang tersebut karena setiap manusia pasti ada sisi yg bersih.

Sampe ke US pun yg notabene banyak orang yg berubah sikap and want to be a western. Dan western Identic dengam modern,dant most most of people selalu ingin dan lebih suka di cap sebagai org modern so They change their style when they get in US .Ini bukan untuk org indo saja tapi most of nation. but thanks God Im not.cause I can't.I see so many people in US wondering around and don't know where to go.

Banyak remaja dan orang tua amerika yg minum obat anti depression. you know why??? jawabnya They just Lost. Lost of hope, Lost of God, Lost of way. Panjanglah kalau di tulis disini tentang pengamatanku selama ini.

Beberapa hari lalu ada temenku yg dari Algeria ke rumah, entah knapa tiba 2x kita diskusi soal jilbab, kita sama 2x tak berjilbab.Cuma aku masih mendingan daripada dia, karena masih sholat sementara dia ngga sama sekali. Padahal dulunya dia berjilbab and sholat juga.

Terus aku nanya " Why did u take off your hijab(jilbab)?”.

dia jawab " I don't know harryati,I just don't look good I think" sambil tertawa. and I told " well Nes someday I will do it ,Its the rules and its a must but I don't need it now"!. dan dia setuju.

selanjutnya kita diskusi tentang sholat .aku bilang ke dia " but for pray I can't leave it, Nes. it is not because of the rules and its a Must in Islam but I need it, I really need it cause I feel Im lost if I don't pray. When I have my second child I didn't pray for couple month and you know what had happened to me, I feel lonely, empthy and sad with no reason.Thats why I need god and I need to pray because that is the only way to relief me from the pain, the stress and everything, That is the reason why do I pray !.

Kemudian dia diam sejenak, dan bilang:" harry (hariyati) believe me Im gonna pray now, yah I will " aku jawab " well Ness just pray when you need it , if u can do shubuh ...do it once, u can do dhuhur ..do it twice ...and the next you will need it more. Don't pray because its a Must but you need it .God doesn't need us ..but we need Him...we really ..really need God ".

Tak lama kemudian dia pergi. Setelah dia pergi aku jadi mikir kenapa tiba tiba aku bisa ngomong seperti itu sebab selama ini aku ngga pernah diskusi soal agama dg dia.Hanya spontanitas yg ada di otakku.Tiba tiba aku merasa jadi mbok Nyai dadakan.

walah..walah..opo maneh iki .ya moga moga aja we never know.Tapi sak meniko tak alon alon ngrukupi mahkotaku sing paling apik. La rambutku pancen sing paling apik jarene, item dan mengkilat. Mari ngenene kudu ditutupi wes ora iso dipamerne maneh ki ...wadah ..wadah , engko disek ....alon alon ae. he...3x. Im just kidding

Ok mbak Nur and Bung Ony ....matur sembah thank you ,Saran anda semua telah bener 2x menyuport saya untuk mengurangi rasa bimbang saya selama ini.Tapi alon alon disek yo. You all are the best and the Rock. I will keep your writing in my brain and never ever throw them away.

Again million thanks ...and Almighty Allah bless you and family

wassalam

Atik