Kaji Edan

Refleksi Onny Hendro

Thursday, July 20, 2006

Berbagi Pengalaman dengan Mantan Paskibraka (1)

Tentang Menikah (1) : Tentang 'Mapan' dan 'Rejeki'

Ini hasil diskusiku menjawab pertanyaan Sujatmiko, mantan Paskibraka tahun 1992 di Yogyakarta. Pemuatan ini atas seijin yang bersangkutan...


MAPAN
Mapan itu sangat relatif, sangat subyektif dan ngga ada habisnya..
Mapan, itu tidak melulu urusan duit, rumah atupun mobil.. karena setiap manusia itu mempunyai ‘nafsu’, maka biasanya berdampak kepada ‘pingin lebih’.. Kalau jaman dulu habis lulus cuman pingin dapet kerjaan dulu baru nikah.. Lha trus akhirnya setelah dapat kerjaan, punya uang trus berubah pikiran..”Aku mau nikah kalo udah mampu beli rumah..” demikian seterusnya.. ngga ada habisnya..

Kalo menurutku.. dari pada nikah nungguin mapan, mendingan segera nikah dan segera ‘mencari’ kemapanan itu bersama-sama, berjuang bersama-sama, ‘berenang-renang ke hulu’ bersama-sama.. itu akan lebih buanyak manfaatnya bagi rumah tangga kalian kelak.. Lagian kalo’ nikahnya nungguin ‘mapan’ yang berkelamaam.. perlu dipikirkan juga tentang anak keturunanmu.. Jangan sampai nantinya pas mereka lagi ‘asyik-asyiknya’ butuh biaya pendidikan dll.. dikau pas udah ‘capek cari dhuit’.. (tapi ingat lho dik.. ‘Pernikahan’ itu bukan tujuan.. tapi baru awal sebuah ‘Episode Baru’.. jadi dalam memilih jodoh tetep harus mempertimbangkan poin2 di bawah ini lho..)

REJEKI
‘Rejeki’ itu ada matematikanya..
yang susah adalah mempridiksi pemanfaatannya.. dan perkembangannya..
Sepertinya lucu pendapatku ini.. tapi itu pernah saya amati, saya alami dan saya syukuri..
Kira-kira bginilah logika pengamatan saya waktu itu:

Kalo’ bener bahwa orang-orang tua & agama ngomong bahwa rejeki seseorang itu udah diatur oleh Allah, maka menurut saya Allah pasti sudah punya daftar angka index masing2 umatnya.. missal: Onny (65), Miko (70), Farchan (15), dst..
oleh karenanya.. jika Onny (65) bergabung dengan Farchan (15) maka total rejeki (80).. Kalo Onny (65) gabung ama Miko (70) maka jumlahnya jadi (135)..

Dan saya sangat meyakini jumlah tersebut tidak serta merta dibagi 2 begitu saja oleh Allah.. sebab manusia itu makhluk ‘individu’.. Hanya saja yang jadi masalah adalah.. ”Sampai saat ini saya belum nemuin jenis, nominal, satuan angka index yang dipakai oleh Allah sebagai parameter si-‘rejeki’ itu..” (tapi hati-hati lho dik, sebab yang jelas pasti ada juga yang bernilai minus)

Jadi dik.. ngga’ usah nunggu ‘mapan-mapanan’.. cepet segera aja cari si Prita, si Gita, si Minah, etc.. trus segera jumlahin angka index rejekimu itu.. dan jangan lupa lho, nanti sama Allah pernikahan kita juga masih dikasih ‘Bonus’ Rejeki anak..

Tapi jangan ‘ngawur’ juga.. Kalo’ situ milih ‘cewek cakep’ anaknya orang kaya itu belum tentu index rejekinya positif juga lho.. (Lha kan kalo’ anaknya ‘wong sugih’ itu yang index-nya bagus punya orang tuanya jee..)

Nah..trus nanti yang paling krusial itu adalah pemanfaatannya setelah dikasih rejeki olehNya.. Pesenku yang paling mendasar adalah: Manfaatkan Rejekimu sebaik-baiknya dan segera berikan ‘hak’ orang lain yang terkandung di dalamnya.. ada beberapa poin yang saya pakai sebagai gambaran:

•Kalo’ kamu stiap pagi ngasih makan ayam segenggam beras, trus ama si-ayam cuman ‘diacak-acak’ dan yang dimakan cuman separonya.. pasti hari-hari berikutnya kamu kasih si-ayam itu cuman setengah genggam.. Kira-kira Gusti Allah ya akan kayak gitu juga, sbab Beliau lebih tahu.. (tapi ini hanya berlaku untuk satu kasus aja lho.. sebab yang namanya Allah itu sudah sangat di kenal bahwa Dia itu seorang Dosen yang memiliki 1001 ‘variasi’ soal ujian..)

•Trus Kalau bener katanya Agama & Orang tua bahwa di dalam rejeki kita ada haknya orang lain, maka berikanlah.. Ada yang bilang index-nya 2,5%.. ada yang bilang 10%.. dari pada bingung, lebihin aja.. toh akan tetep jadi pahala koq..

Kalo’ usul saya.. nggak usah ditahan-tahan atau dikumpulin tahunan.. sebab biasanya, kalo’ nggak lupa.. ya kita kadang-kadang berubah pikiran menjadi ‘sayang-sayang’ begitu ngliat jumlahnya lumayan signifikan.. atau kbetulan pas waktunya dikluarin, ternyata situ lagi pas ‘Tongpes’..trus kepakai deeh jatah si fakir miskin itu.. eee.. wong kita ini juga manusia biasa lho..