Kaji Edan

Refleksi Onny Hendro

Tuesday, July 18, 2006

Kaji Edan Makan Daging 'B'?

Based on true Story:
Sebetulnya Kejadian ini terjadi beberapa waktu yang lalu..
Beberapa teman terutama yang saya punyai no HP-nya pasti udah terima cerita ini..
Waktu itu udah hampir saya kirim di mailist..Tapi saya hapus lagi... takut ntar dikira 'gawe-gawe' alias provokasi..Lagian saat-saat itu milis yang aku ikuti sedang 'rame-ramenya membahas alat deteksi HALAL & HARAM'
Mosok habis crita 'kodok' koq trus crita 'Babi'..??

Kalaupun ini bisa diambil hikmahnya..
Aku.. yang udah pernah naik haji dua kali aja masih ragu..
'Kira-kira maunya Gusti Allah apa yaa..??'
Menjewer aku..??
Ataukah memberi aku kenikmatan lebih yaa..??

Kebetulan aku tuh masuk Islam klas 1 SMP..
(tulisan lengkap tentang asal mula Kaji Edan jadi Islam menyusul ya..puanjang!)
Jadi, mudah-mudahan aku ngerti persis.. bahwa dari semua daging yang dijual di Pasar Pathuk itu.. yang paling enak yaaa daging babi.!

(eeh.. kapan-kapan ingetin aku crita tentang dialog ibuku dengan penjual daging babi..)

Ceritanya bgini..

Sudah berkali-kali aku diajak makan temen2 BCA ke 'Mie Kriting Agwan' di Puri Kembangan.. dan sudah aku buktikan sendiri bahwa itu 101% TANPA BABI..

Suatu ketika aku ada acara kawinan adat batak di Balai Samodra Kelapa Gading..
tau sendiri kan.. kalo’ pesto mbatak itu kan kemungkinan ada daging seri 'B' nya...

Kebetulan dari pagi aku juga belum sarapan..
jadi kira-kira jam 11an lapeeeeer buuangeeet aku..
trus Viktor Hutabarat (penyanyi) ngomong begini..
"Pak Haji..Kalo Ragu udahlah.. mending makan di luar aja beli bakso kek..bakmi kek.."

Aku yaa terus mikir.. "Wah iya ya.. walaupun makan ayamnya.. tapi jangan-jangan motongnya pakai pisau yang bekas dipakai motong babi..??!!"

Akhirnya dari pada ragu aku putusin keluar... makan..jum'atan.. nanti balik lagi ke acara..

Begitu keluar dari gedung Balai Samodra aku ngambil arah ke Mall, sebab ke Mall pasti banyak makanan.. kira-kira baru jalan 50m, di sebelah kanan jalan ada ruko dengan tulisan 'Mie xxxx--samaran-red'.. "wah ini pasti enak seperti 'Mie Kriting Agwan' itu,"batinku.

Puter balik..parkir..masuk..langsung minta,"Mie Kriting & Kopi"

Tanpa banyak tanya.. tacik'e pun segera bertindak meng eksekusi pesenanku..
Begitu mie-nya udah dateng.. lagian udah laper buaaanget..TAK SIKAAAT..alias aku santap habis.
Pas makan tuh aku sempet mbatin dalam hati..
"ini daging ayam apa yaa..??
koq pake’ dikasih pewarna merah..
apa yang bikin rasanya enak dan beda tuh karena pewarna merah ini apa yaa??"

(Di poin ini yang saya bilang, aku--yang Kaji dua kali-- jadi ragu.. Saat itu aku 'buta'.. pura2 'buta'.. atau jangan-jangan di-'buta'kan oleh Nya..?)

Habis makan aku lihat jam di Hp menunjukkan 11.55.. wah.. bisa telat Jum'atan nih (batinku), kmudian aku tanya ama kasirnya,"Cik..Mesjid yang paling dekat mana yaa??"

Tacik'e kaget trus mundhur selangkah sambil ngomong..
"Lho...ENGKOHNYA MUSLIM ta..??

MAKAN BABI???

****
(Betul ya, kapan-kapan ingetin aku crita tentang dialog ibuku dengan penjual daging babi...)



by Kaji Edan, 2006