Kaji Edan

Refleksi Onny Hendro

Tuesday, February 17, 2009

MISTERY JEMBATAN 'NGOTHO'..

( based on true story)..

Aku lupa tahunnya, tapi kira-kira tahun 91-an..

Waktu itu sie-PKM-KMTS UGM (sie Pengabdian Kepada Masyarakat- Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil - Universitas Gue Maas.. ) mencetuskan ide untuk membangun jembatan 'Ngotho'..
jembatan ini akan menghubungkan jalan imogiri dengan monumen ngotho (tempat jatuhnya pesawat pahlawan kita Adisucipto).

Karena pada saat itu kita mengajukan permohonan bantuan gelagar jembatan ke dinas PU jogja ngga dikasih-kasih, maka diputuskan untuk minta bantuan gelagar tsb ke PU Pusat. (gelagar tuh besi baja yang memanjang untuk menopang badan jembatan itu lho..ee siapa tau ada yang ngga ngerti)

Udah 3x aku sama Iga (Gautama Spil UGM’86) bolak-balik datang ke PU di jl sisingamangaraja Blok M tapi ditolak untuk masuk..(lebih memalukan lagi, yang nolak tuh SATPAM dull..)

Mungkin karena kami terlihat 'kumel’.. bawa map dan jalan kaki..
sebab beberapa kali aku nonton ada orang kaya naik mobil, turun depan pintu...trus masuk aja tanpa di tanya oleh satpam..

Akhirnya aku punya ide..
Dulu itu kalo’ Om-ku (Koes Hendratmo) sedang syuting Berpacu di TVRI, mobil Mercy beserta Sopirnya nganggur.. aku terus tidur di rumah om-ku, ikut ke TVRI trus ngomong gini:
"Om.. nanti kalo om Koes sudah mulai syutingnya, saya minta tulung pak adma (sopirnya) ngedrop saya di PU sisingamangaraja ya Om..?"

"Yaa.. tapi jangan lama-lama lho lik..", jawabnya
"ndak koq om.. wong cuman ngedrop di depan Pintu PU, terus langsung balik ke sini pak adma-nya..", jawabku.

Singkat cerita.. aku didrop pak adma di kantor PU, aku suruh berhentinya persisssss di depan pintu masuk... Alhasiil seperti yang saya perkirakan..
"SATPAM ngga nanya-nanya, malah terus hormat"
"Ruangan pak menteri mana mas??", tanya-ku kepada satpam..
"Lantai-2 Pak..!!", jawab mereka..

Akhirnya aku bisa ketemu sama sekretaris menteri trus menyerahkan proposal bantuan, dia bilang ditinggal aja nanti minggu depan akan ngabari via telpon, tapi setelah beberapa minggu ngga pernah telpon dan juga ngga bisa ditelpon..

Trus aku putuskan nemuin sekretaris lagi dengan metode seperti kemarin.."Didrop Mercy persiiis di depan pintu PU"

Begitu ketemu, si sekretaris malah marah-marah..
"Lho dik, ngapain ke sini..? khan udah saya bilang nanti saya kabarin..!!".
Aku ber argumentasi pun dia tetep ngotot bahwa nati akan dikabari..

Tiba-tiba ada suara bel berbunyi (kaya bunyi bell tanda istirahat waktu sekolah itu lho.. "Treeeet..") si sekretaris tiba-tiba berdiri dan berjalan menuju kamar pak menteri..
kesempatan itu saya pakai untuk membaca tulisan di meja sekretaris.. dan Pucuk dicita ulam tiba.. di bawah kaca alas meja ada selembar kertas kecil tulisan tangan: Kediaman 720.... & 720... Langsung saya catat.. "iki mungkin maksudnya telp kediaman menteri..", pikir-ku.

Tiba di rumah om-ku kira-kira jam 8 malam..
aku duduk-duduk ngobrol sama om-ku, trus aku tanya," Om.. kalo situ jadi menteri, trus trima telpon dari seseorang yang situ anggap 'ditua-kan', kira-kira besuk kalau suatu saat ketemuan situ mbahas omongan di telpon itu lagi engga' yaa??"

"Yo kira-kira kalo’ aku jadi menteri ngga’ mungkin ngurusi telpon kaya’ gitu..wong yang namanya menteri itu sibuk buanget koq..", jawaban Om-ku..

Aku kemudian cepet-cepet menuju meja telp sambil ngomong,"pinjem telpun yaa om.."
Trus aku pencet nomer telpon 720... yang tadi siang aku catat..
Yang angkat kalo’ engga ajudan yaa mungkin satpam,"dari mana Pak??".
jawab-ku,"Saya Adnan.. Rektor UGM, kalau beliau berkenan saya pingin ngobrol sama Pak Radinal". Trus terdengar musik nada tunggu..

ngga begitu lama,"Eeee...Pak Rektor...Wadhuh..ada perlu apa ini, mbokya perintah saja..biar saya saja yang telpon Pak rektor..." (Modaaar.. ini suaranya Menteri PU…!!!!!)
Sementara aku..eh Pak Adnan ding.. basa-basi dengan Radinal Mocthar,
Om-ku kelabakan di sampingku sambil bisik-bisik dan marah-marah..,
"Lik...lik... tutup telponnya... gendheng kowe... bisa ditangkap polisi ini nanti..!!!"
tapi si-‘Pak Adnan’ ngobrol terus sama sang mentri..

Penutup kata si-Pak Adnan bilang gini, "Pak Menteri.. ini saya disambati anak-anak Teknik Sipil, mereka itu mau ngadain bakti sosial bikin jembatan dan mau minta bantuan gelagar saja ke PU, tapi kayaknya sudah lama belum ditindak lanjuti.."

"Pak... besuk pagi sebelum jam 09.00 anak-anak suruh ngadep saya, sebab jam 09.00 saya ada meeting", jawaban mentreri RM.

"Baik Pak menteri, besuk yang ngadep namanya 'Onny'... terimakasih dan selamat malam.."si-Pak Adnan pamitan.

KOES HEDRATMO kebakaran jenggot," Gendheng kamu lik..ini namanya penipuan...nanti kalo’ sampai ada urusan Polisi jangan nyeret-nyeret namaku!!!".

"Lho..katanya Om tadi menteri itu sibuk.. dan nggak mungkin ngecek..", jawab-ku..

Paginya, aku datang jam 08.00 ke PU dengan metode seperti sebelum-sebelumnya.. sang Sekretaris sewot lagi,"Lho..kan udah saya bilang tunggu telpon dari saya..!!!"

"mbak, tadi malam saya cuman di telpon sama Pak Rektor, disuruh ngadep sebelum jam 9, sebab pak menteri jam 9 rapat", jawab-ku..Dia bingung sambil ngliat jadwal, mungkin di benak dia,"koq bener yoo??"

Kira-kira jam 9 kurang 10 menit.. sang menteri datang, liwat depanku tanpa menoleh..
Trus masuk ruangan dan diikuti sang sekretaris... ngga begitu lama sang sekretaris ngubek-ubek mejanya nyariin proposalku, trus ngajak aku masuk ruangan pak menteri.

Aku disuruh duduk di kursi tamu guedhee tapi ngga diajak ngomong sama sekaliiii..

Pak RM cuman terima proposalku dari sekretaris, trus negok ke arah aku sebentar.. orek-orek di proposal..trus ngasih balik proposal ke sekretaris sambil ngomgong, "Salam untuk pak rektor ya..".

aku trus diajak keluar oleh sang sekretaris..setelah di luar saya bacain tulisan pak menteri..

"Bagian teknik, ACC dibantu Rangka jembatan"

Begitulah ceriteranya..

Sekarang.. aku hanya bisa berharap dan berdo'a..
Semoga saja kenakalan tadi ngga dicatat sama malaikat sebagai DOSA..

toh nanti kalo’ sudah di Akherat..
Saya akan cari Pak Radinal Mochtar..
Dan kalo’ ketemu.. kan saya bisa minta maaf..
sambil cerita sebenarnya ke beliaunya..
bahwa saya ‘menipu’ untuk kebaikan dan kebutuhan masyarakat..

Tapi..Pertanyaan yang akhirnya sering muncul di benakku adalah:

Sebenarnya...
KALAU KITA BERBOHONG UNTUK KEBAIKAN ITU BOLEH APA ENGGA’ YAA??

11 Comments:

Blogger dunia fia said...

boleh boleh saja

Tuhan Maha Maklum kok dab

February 17, 2009 7:49 PM  
Anonymous Anonymous said...

Ji, Padahal aku dah baca tulisan ini 1000 kali. Ini yang ke 1001 kali, tapi kok kayaknya masih baru sekali ya ndengernya....wa..ka..ka..

Mana tulisan ttg bemo nya. waktu abis dari kantor bimantara iyu lho...


Ckr

February 17, 2009 9:17 PM  
Anonymous Anonymous said...

Postingan iki wis tak sebarluaskan ning ponakan2ku...
Sebentar lagi para menteri bakal sibuk menerima telpon banyak rektor.
(Hatta)

February 18, 2009 5:27 AM  
Anonymous Anonymous said...

Kaji edan pancen edaaaaaannn...!! Hahahaha..ra mbayangke yen aku sing ngelakoni On, pasti sambil telpon sambil gemeteran sikile, hahaha... Tur meneh pasti menterine ra percaya, lha mosok rektor UGM suarane cewek. Po meneh pas dikon ngadep menterine, wah mesti mules wetengku nganti kram.

Masalah dosa ki urusane Gusti Allah, makane tanyakan saja langsung kepadaNya. Tapi Allah kan Maha Pengampun, mohon ampun wae, insya Allah Dia mengampuni, amin.

Tapi asli edaaaaan tenaaaaan, hahahahaha....*gedek2*

February 21, 2009 4:52 PM  
Anonymous Anonymous said...

kira-kira besuk kalau suatu saat kalo ketemuan sama malaikat engga bakalan mbahas omongan di telpon itu lagi, wong yang namanya menteri eh malaikat itu sibuk buanget koq :D

February 22, 2009 8:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

wakakak..., lucu banget pak.
masak pak mentri gampang banget di boongin lewat telpon.
pak satpam sama bu sekretaris juga belagunya kebangetan.
salut abis sama kaji edan.

February 22, 2009 8:05 PM  
Blogger Unknown said...

On, kayane sampean kuwi syarafe saka kawat ya....he.. he..
Aku mabayangke umpama aku sing telp mesti dadi pelo...

March 19, 2009 9:36 AM  
Blogger Eko Eshape said...

hahahaha...

lagi iki aku moco cerito yang bener-bener edan

pancen gaweane cah sipil iki seneng apus2 yo dab

neng sing iki pancen asli edan

jamanku mbiyen sing kerep dicatut malah menteri poernomo sidhi

ning yo ora segila cerita ini

salam dab...

October 20, 2009 7:35 AM  
Blogger UNIT PEMBENIHAN IKAN LELE SIGRAK said...

wah kalau yg u tadi ditiruin anak2 saiki piye yooo.Tapi tak akui dari dulu u itu emang banyak akal. jangan2 sekaarang masih seperti itu.Hebat2 deh ide 2 tsb.Kapan2 aku diajari yooo

December 07, 2009 1:15 PM  
Blogger UNIT PEMBENIHAN IKAN LELE SIGRAK said...

wah2 u dari dulu banyak akale nek saiki masih gak kayak gitu.Masalah kayak gitu menurut gak dosa bagi temen2 u tapi utk u yaaa.... dosa no wong ngapusi teladan jaya mahe

December 07, 2009 1:17 PM  
Anonymous Anonymous said...

Jaman edan emang dah berlangsung!? Yen ora edan ora keduman wkk.
Lah.. stelah bukan Rektor UGM.. trus Rektor di Univ mana? wkkkkk
"Dora ning sembodo" ya.. klo pun diitung dosa, ak ikut mohonkan apunan buat kita semua dab, lah .. ak yg dipasrahi mimpin peresmian jembatan itu.

Dah ad renc telp BarakObm Om? hahaa

Ind-Sat 0818

January 31, 2010 4:29 PM  

Post a Comment

<< HOME/HALAMAN MUKA